10 Fakta Unik Seputar Printer DTG

10 Fakta Unik Seputar Printer DTG

Printer DTG yang kian naik daun saat ini, sudah banyak digunakan di Indonesia untuk kepentingan bisnis sablon digital yang lebih efektif dan efisien. Sudah bukan hal baru lagi jika printer dtg ini bekerja layaknya printer kertas pada umumnya, dimana tinta langsung menyemprotkan ke garment atau kaos. Sedangkan tinta yang digunakan printer dtg merupakan tinta khusus garment.

Beberapa orang takjub dengan hasil sablon printer dtg yang hasil print warna sangat tajam atau colorfull dan gambar yang sangat halus. Hal ini membuat mereka bertanya tanya tentang printer dtg…?? 😀 Untuk lebih jelasnya simak artikel dibawah ini :

    1. Bisa Cetak Satuan
      Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa printer dtg bisa cetak satuan, itu sebabnya banyak yang menggunakan printer dtg sebagai bisnis sablonnya. Namun bagi yang belum tahu, printer dtg bisa cetak satuan dan tidak memerlukan minimal order.
    2. Bisa Cetak Tanpa Batas Warna
      Memiliki kaos dengan kreativitas yang tak terbatas dan memerlukan banyak warna, printer dtg mampu mencetak file gambar desain tanpa memiliki batas warna cetakan seperti printer kertas biasa, jika dibandingkan dengan sablon kaos manual proses sablon kaos menggunakan printer dtg bisa dikatakan lebih praktis 😀
    3. Hasil Tidak Rontok Meski Dicuci Berkali-kali
      Sering kali banyak pertanyaan bagaimanakah hasil jadinya? Apakah rontok dan mudah retak-retak? Apakah bisa di setrika? Dengan melakukan langkah-langkah mulai dari proses awal treatment kemudian sampai finishing secara benar, maka hasil cetakan printer dtg tidak akan lebih awet (Oleh karena itu sangat penting apabila anda sebelum membeli printer dtg mendapatkan training terlebih dahulu mulai dari proses awal sampai finishing). Tips merawat Sablon kaos
      Bahkan jika dicuci menggunakan mesin cuci, hasil sablon printer dtg tetap aman asal tidak menggunakan detergen matic. Hasil printer dtg juga aman apabila di seterika dengan suhu panas yang standard.
    4. Hasil Gambar Halus dan Mengkilap
      Gambar yang dihasilkan dari printer dtg juga memiliki permukaan yang halus dan mengkilap. Perlu diketahui bahwa ini dikarenakan proses treatment pada proses percetakan printer dtg  dan di press dengan dilapisi kain teflon yang menghasilkan cetakan dtg terlihat nampak glossy dan sangat halus, sehingga menarik perhatian banyak orang.
    5. Durasi Pengerjaannya ±8 Menit Untuk Kaos Putih dan ±20 Menit Untuk Kaos Warna (Full A3)
      Printer dtg tidak membutuhkan durasi cetak yang lama. Dalam proses mengerjakan untuk kaos putih printer dtg hanya memerlukan kurang lebih 5-8menit per kaos namun tergantung besar kecil desain, semakin kecil desain yang dicetak semakin cepat proses sablon kaosnya.
      Jika pada kaos warna, printer dtg memerlukan lebih dari 8menit dikarenakan apabila file yang dicetak full color harus di dasari tinta putih terlebih dahulu supaya hasil sablon /print kaos sesuai file, sehingga memerlukan waktu yang double dalam print kaos yaitu ±20menit.
    6. Bisa Cetak File 3D
      Printer dtg akan menjalankan printah sang operator. Ketika sang operator memiliki desain gambar 3D sekalipun, printer dtg dapat mencetak gambar sesuai dengan desain aslinya meskipun desain tersebut serumit apapun itu. Jadi intinya kalau anda mau hasil sablon kaos 3D anda juga harus punya file 3D juga. Karena sering sekali ada pertanyaan “Gimana ya cara sablon kaos dtg 3D…?? atau Printer DTGnya apa bisa cetak 3D…??” Jawabannya seperti yang sudah saya jelaskan tadi hehehe…. 😀
    7. Printer DTG Cepat Rusak Jika Jarang Dipakai
      Printer dtg yang jarang dipakai dan malas untuk melakukan maintenance akan menyebabkan printer dtg cepat rusak, hal yang fatal bisa sampai printer DTG mati total atau head buntu.
    8. Printer DTG Sensitif Dengan Debu
      Printer dtg sangat sensitif dengan debu, dan kelembaban. Printer dtg perlu di letakkan ditempat yang bersih dengan suhu sekitar 18–27 derajat celcius agar terhindar dari terjadinya tinta yang mudah mengering pada head printer, maupun printer yang jamuran pada permukaan head printer yang dapat menyebabkan penyumbatan.
    9. Lebih Banyak Konsumsi Tinta Putih Untuk Kaos Warna
      Jika print sablon dtg menggunakan kaos warna, akan lebih banyak menggunakan tinta putih karena tinta putih digunakan sebagai dasaran saat sablon kaos warna.  Hal ini dikarenakan agar desain yang tercetak diatas kaos warna bisa lebih bagus tanpa ada warna yang tenggelam atau warna desain yang serupa dengan warna kaos.
    10. Tinta Warna 100ml Bisa Untuk 100 Kaos (Full A3)
      Pada umumnya tinta warna isi 100ml bisa digunakan untuk cetak kaos sebanyak >100 kaos. Sedangkan untuk tinta putih 100ml ±20 kaos

     

  1. Fakta-fakta unik seputar printer dtg ini penting untuk diketahui agar dapat menambah pengetahuan seputar printer dtg. Itulah sedikit informasi yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat ☺

About the author

bengkelprint

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *