5 Teknik Bikin Seni Latte Art Yang Berkembang Seiring Kreativitas

5  Teknik Bikin Seni Latte Art Yang Berkembang Seiring Kreativitas

 

Adakah diantara kalian seseorang penikmat minuman hangat seperti kopi, susu, greentea, red velvet ataupun tiramisu? Nampaknya di jaman sekarang ini minuman hangat seperti itu sudah jarang  sekali dijumpai di coffee shop / kedai kopi dengan tampilan yang polos loh. Adanya latte art membuat tampilan minuman hangat menjadi lebih cantik, intagramable, dan memiliki nilai jual tinggi.

Awalnya latte art tidak hanya mengedepankan seni latte art, tetapi campuran / takaran kopi dan susu juga harus pas agar bisa dilukis dan terbentuklah seni yang unik dan kreatif dari tangan barista. Tapi, saat ini latte art banyak sekali inofasinya dari masa ke masa, transformasi latte art sendiri menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk segera mencicipi dan berswafoto dengan keunikan latte art yang ditawarkannya. Inilah sebagai berikut teknik seni latte art yang kreatif :

1. Teknik Latte Art 2D

Latte art banyak digunakan dengan teknik manual, dimana membentuk gambar yang diinginkan dibutuhkan seorang barista yang memiliki skill dan trik tersendiri untuk  menuangkan latte dari ujung cangkir ke ujung cangkir yang bersebrangan, dan ditarik ke titik awal agar membentuk gambar yang diinginkan. Dan gambar yang dominan sering digunakan adalah tumbuhan, bunga, hewan dan yang lainnya.

2. Teknik Latte Art 3D

Berbeda dengan latte art 2D yang menggunakan latte yang dicampur dengan kopi untuk membuat pola yang diinginkan. Latte art 3D lebih focus pada busa susu sebagai media untuk seorang barista menciptakan seni yang terlihat nyata dan lucu. Untuk membuat latte art 3D dibutuhkan konsenterasi, focus, ketelitan, kecepatan yang tinggi loh, dan pastinya dilakukan dengan teknik manual untuk hasil yang optimal.

3. Teknik Latte Art Coloured

Ada yang menarik dari secangkir minuman hangat yang tidak hanya menampilkan latte art yang dominan warna coklat dan putih saja. latte art coloured muncul sebagai solusi saat cadangan expresso menipis, dan bahan pewarna makananlah yang dimanfaatkan untuk mewarnai expresso tersebut. Ternyata inovasi ini mendapat respon yang bagus dari konsumen loh. Secangkir art coloured ini tidak terlalu banyak busa yang digunakan seperti latte art 3D, hanya saja lebih dominan permainan teknik pewarnaan yang membentuk gambar yang membuat anda enggan untuk meminumnya, karena terlalu gemas sekali utnuk dilihat dan sayang bila diminum.

4. Teknik Latee Art Stensil

Teknik yang paling mudah meskipun tidak memiliki skil yang pro seperti para barista. Karena untuk membuat latte art stensil hanya membutuhkan alat yang berbentuk beraneka ragam hias seperti, hewan, bunga, pita, tulisan dimana alat tersebut terbuat dari lembaran stensil ataupun kertas yang berbentuk lingkaran dan didalamnya telah memiliki pola gambar yang bagus. Dengan begitu, tidak latte yang dituangkan diatas minuman hangat tersebut, tetapi serpihan serbuk coklat, tiramisu, green tea yang menghiasi tampilan minuman terlihat eye catchy.

5. Teknik Latte Art Printing

Teknik yang paling parktis untuk digunakan, asalkan bisa mengoperasikan computer dan software saja loh. Latte art printing ini lagi trending topic untuk sat ini, bagaimana tidak hanya dengan menggunakan foto selfie saja, sudah bisa menjadi penghias minuman hangat ini. Berkat kecanggihan mesin print kopi, semuanya bisa dilakukan lebih mudah. Tidak hanya untuk print foto selfie saja, tetapi semua jenis gambar bisa di print menggunakan alat print kopi tersebut. Tidak hanya kopi, susu, green tea, ternyata biskuit yang memiliki ukuran lingkaran juga bisa di cetak dengan mesin digital tersebut. Worth it sekali yaa .. !

Bagaimana ini sangat menarik bukan? Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

About the author

bengkelprint

View all posts