Cara Menjaga Kualitas Tinta Pada Mesin Sablon DTG

Cara Menjaga Kualitas Tinta Pada Mesin Sablon DTG

 

Memiliki seperangkat mesin printer DTG adalah suatu aset terpenting yang harus dijaga maintenance nya. Bagaimana tidak, apabila menggunakan printer DTG / mesin sablon kaos DTG adalah bentuk investasi dalam berwirausaha sebagai jasa sablon kaos DTG yang berkelas. Apa jadinya bila mesin printer DTG rusak begitu saja ? otomatis pekerjaan cetak kaos satuan terhambat dan pendapatan pun akan merugi.

Begitupun juga menjaga tinta textile DTG, harus benar-benar diperhatikan secara serius, apabila tidak, maka akan berakibat fatal pada hasil cetak kaos satuan. Benar tidak ? Istilahnya apabila kualitas tinta tetap terjaga maka hasil sablon kaos juga akan maksimal. Berikut ini tips menjaga kualitas tinta printer dtg supaya tidak terjadi perubahan atau penurunan warna tinta dtg :

Tips Menjaga Kualitas Tinta Textile DTG

  1. Lokasi penyimpanan Printer DTG

 Dimana tinta textile DTG sudah menjadi 1 komponen pada printer DTG, saat itulah sebisa mungkin letakkan printer DTG pada ruangan yang tepat. Lokasi ruangan yang jauh dari jangkauan sinar matahari langsung. Apabila sering terkena sinar matahari langsung, tinta textile DTG kemungkinan bisa mengakibatkan warna tinta tidak solid kembali.

  1. Suhu ruangan yang baik

Anda sudah memiliki ruangan khusus yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Nah berikutnya ciptakan suhu ruangan yang tepat dalam artian, simpan tinta pada botol dengan suhu ruangan maksimal 18 – 28° Celcius. Anda bisa menggunakan AC atau kipas angin, untuk memberikan suhu ruangan yang dingin.

  1. Perhatikan tingkat kelembapan ruangan

Pastikan ruangan printer DTG memiliki tingkat kelembaban sekitar 40% – 80%. Apabila  kondisi ruangan lembab / tembok mudah merembes karena terkena hujan. Dapat menyebabkan print head menyumbat, sehingga tinta textile DTG tidak bisa diaplikasikan untuk cetak kaos.

  1. Perhatikan Penggunaan Tinta

Pengisian tinta baru

Apabila tinta textile DTG sudah habis, otomatis anda akan menuangkan tinta textile lagi pada tabung infus, alangkah lebih baiknya kocok terlebih dahulu, agar endapan tinta yang terdapat pada botol dapat tercampur. Sehingga saat digunakan untuk print kaos DTG hasilnya lebih pekat.

Peletakan tinta textile DTG

Baik tinta yang masih dalam kemasan 1 lt atau tinta textile yang sudah berada pada botol tabung tinta infus, jangan terkena suhu ruangan yang panas letakkan pada tempat yang sejuk, agar tinta textile DTG CMYK pada botol tabung tinta infus, warnanya tidak akan berubah / tinta textile DTG tidak akan akan rusak sehingga saat diaplikasikan pada media kaos / kain katun lainnya hasil cetak bisa maksimal.

Maka dari itu apabila ingin kualitas tinta textile DTG tetap terjaga, selain mulai dari menjaga maintenance printer DTG, anda juga harus perhatikan dengan serius cara menjaga tinta textile DTG nya dengan cara seperti yang diatas tadi. Karena pada dasarnya tinta textile DTG yang sudah terhubung dengan printer DTG sangatlah sensitive dan perlu perhatian khusus. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan selamat mencoba

About the author

bengkelprint

View all posts