Fungsi dan Cara Kerja Mesin Laminasi

Fungsi dan Cara Kerja Mesin Laminasi

Sering diketahui bahwa mesin laminasi selalu tersedia di berbagai pertokoan yang menerima jasa percetakan dan semacamnya, dimana mereka juga menyediakan jasa laminasi. Mesin laminasi sendiri sudah akrab oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, hingga orang dewasa. Bagaimana tidak, bahwa mesin laminasi ini berfungsi untuk melapisi dokumen penting seperti dokumen sekolah, dokumen pribadi ataupun dokumen perkantoran.

Dengan adanya proses laminasi menggunakan mesin laminasi ini, telah beredar luas dipasaran yang jual mesin laminasi dengan berbagai ukuran mesin, jenis ataupun tipe. Pada umumnya, mesin laminasi memiliki cara kerja yang efektif dan efisien dimana mesin ini bekerja untuk melapisi lembaran – lembaran kertas penting ataupun kertas yang ingin dilindungi agar terhindar dari kerusakan.

Kertas – kertas atau dokumen penting yang biasanya bisa dilaminasi dengan mesin laminasi ini bisa kita lihat seperti kartu keluarga, rapot, piagam, sertifikat, undangan, surat perjanjian, surat kuasa, buku menu, ktp, kartu dokumen, kartu member, dan dokumen – dokumen penting lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari.

Cara kerja mesin laminasi:

Mesin laminasi dapat bekerja secara mudah dan praktis, dimana tanpa memerlukan durasi yang panjang, kita sudah bisa melakukan laminasi dokumen yang kita perlukan. Pada umumnya Cara kerja mesin laminasi sangatlah sederhana dan berikut cara kerja mesin laminasi yang praktis:

  • Panaskan mesin terlebih dahulu
  • Lakukan uji coba terlebih dahulu pada kertas yang tidak terpakai
  • Jika hasil dirasa sudah maksimal, maka masukan kertas atau bahan yang akan dilaminasi
  • Tunggu mesin laminasi berjalan
  • Dan matikan mesin ketika sudah menggunakannya

Sangat mudah sekali bukan. Perlu diketahui bahwa mesin laminasi memiliki dua temperature berbeda yang bisa digunakan untuk melaminasi yaitu mesin laminasi panas dan mesin laminasi dingin.

Mesin laminasi panas ialah mesin yang digunakan untuk melaminasi dengan menggunakan suhu panas, dimana mesin laminasi panas memiliki fungsi untuk melaminasi dengan bahan perekat  yang sangat kuat karena suhu panas yang didapatkan. Sedangkan mesin laminasi dingin digunakan untuk melaminasi bahan dengan suhu atau temperature dingin. Fungsi dari mesin laminasi dingin untuk melaminasi dengan menggunakan perekat yang minim.

Itulah cara kerja mesin laminasi yang sangat sederhana dan fungsi dari mesin laminasi itu sendiri, dimana telah dijelaskan bahwa mesin laminasi berfungsi sebagai pelapis bahan atau dokumen yang ingin dilaminasi agar terlindungi dari berbagai jenis kerusakan seperti debu, air, gigitan serangga, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya,.

About the author

bengkelprint

View all posts