Hal Yang Terjadi Pada Printer DTG Saat Cuaca Panas Datang

Hal Yang Terjadi Pada Printer DTG Saat Cuaca Panas Datang

Sebagai negara tropis, Indonesia kerap sekali mengalami cuaca panas yang ringan hingga cuaca panans yang cukup ekstrim. Terlebih jika cuaca panas namun tiba – tiba datang hujan. Adanya cuaca panas di Indonesia ini adalah salah satu bahaya yang dapat mengancam mesin printer dtg. Mengapa demikian?

Ternyata dengan adanya cuaca panas dengan suhu diatas 28°C ini dapat menyebabkan beberapa trouble pada mesin printer dtg. Salah satu trouble yang paling sensitif terkena cuaca panas dan paling sering dialami oleh para pemangku bisnis sablon ialah printhead dan pompa. Kedua item ini memang cukup rentan terhadap cuaca panas meskipun printer dtg dalam kondisi menggunakan AC.

Untuk printhead pada printer dtg memang lebih mudah buntu. Terutama pada tinta putih, karena disini tinta putih cenderung memiliki kandungan karet dengan perekat yang lebih peka sehingga tinta putih lebih sering mampet jika terkena suhu panas diatas 28°C dibandingkan dengan tinta color.

Selain printhead, ada juga pompa yang mudah buntu dengan adanya suhu panas yang cukup ekstrim.  Karena pompa merupakan item yang sering dilalui oleh aliran tinta menuju ke pembuangan, masih banyak tinta – tinta yang tertempel atau singgah di pompa, sehingga pompa juga bisa cenderung mengalami kebuntuan akibat sisa – sisa tinta didalamnya.

Sebelum terjadi mampet pada printhead dan pompa ada beberapa hal yang dapat mencegah mampet pada komponen mesin printer dtg ini yaitu:

Lakukan Perawatan Pompa

Lakukan perawatan pompa secara rutin. Jika dihari biasa atau dicuaca yang masih normal, mungkin bisa melakukan perawatan tinta seminggu sekali. Namun jika cuaca berubah menjadi panas yang super ekstrim, maka lakukan perawatan pompa sebanyak 3 kali dalam seminggu. Itu berarti bahwa perawatannya harus di perpendek seperti demikian.

Lakukan Nozzle Check Secara Rutin

Nozzle check penting untuk dilakukan setiap pagi sebelum mesin akan dioperasikan. Hal tersebut difungsikan untuk melakukan check tinta putih dan tinta color apakah kedua jenis tinta ini bisa keluar lancar atau tidak. Apabila setelah di check namun tinta masih belum lancar, maka lakukan cleaning dengan menggunakan program. Setelah itu lakukan nozzle check lagi.

Namun, jika tinta masih belum lancar pula, lakukan langkah selanjutnya dengan cara check catridge secara teknis. Dan untuk yang terakhir, apabila masih belum ada perubahan juga lakukan teknik flushing atau bisa langsung bawa kepada sang ahlinya yaitu teknisi printer dtg khusus.

Itu adalah hal yang terjadi pada printer dtg saat terjadi cuaca panas di Indonesia yang sangat mengkhawatirkan sekali bagi yang menggunakan mesin printer dtg. Dengan trouble tersebut, dipastikan agar mesin printer dtg selalu digunakan setiap hari secara rutin agar tidak terjadi trouble seperti mampet.

Meskipun sedang tidak ada proses produksi kaos, usahakan untuk melakukan cetak kaos sendiri meskipun hanya mengeluarkan sedikit tinta. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya tinta mampet yang sering dialami oleh para pemangku bisnis sablon yang menggunakan mesin printer dtg. Semoga bermanfaat.

About the author

bengkelprint

View all posts