Ketahui Penyebab Tombol Tinta pada Printer DTG Menyala

Ketahui Penyebab Tombol Tinta pada Printer DTG Menyala

Seringnya penggunaan printer dtg untuk melakukan produksi sablon kaos di setiap harinya, dapat memicu datangnya kerusakan pada bagian-bagian tertentu jika kurang memperhatikan atau merawat printer dtg. Seperti halnya yang terjadi oleh tombol tinta yang menyala pada mesin printer dtg. Secara normal, tombol tinta pada mesin printer dtg tidak menyala. Hal tersebut karena komponen daerah tinta tidak ada masalah.

Namun jika tombol tinta pada mesin printer dtg menyala, hal tersebut merupakan pemberitahuan bahwa bagian dari komponen tinta terdapat masalah yang perlu untuk segera di atasi karena menyangkut pentingnya printer dtg yang digunakan untuk proses produksi sablon kaos di setiap harinya.

Secara garis besar, tombol tinta sendiri digunakan untuk mendeteksi kondisi tinta. Jika terjadi kerusakan pada mesin, maka tombol akan menyala. Sehingga kita bisa mengetahui bahwa komponen tinta terjadi kerusakan. Pada intinya, tanda bahwa menyalanya tombol tinta bukanlah masalah. Hal tersebut merupakan pemberitahuan saja. Namun dibalik tombol tinta yang menyala terdapat beberapa bagian tinta yang rusak diantaranya ialah:

  • Tinta printer dtg habis

Jika tinta printer dtg telah habis, mau tidak mau, kalian harus mengisi tinta kembali. Ya, bagaimana  tidak, jika tidak ada tinta kita tidak bisa melakukan sablon kaos benar? Hehe,,

  • Chip pada masterchip atau catridge rusak

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan oleh chip pada masterchip atau catride. Hal tersebut karena bisa jadi chip kotor atau chip pada masterchip eror sehingga tidak bisa bekerja

  • Kabel masterchip konslet

Kabel masterchip merupakan kabel yang menghubungkan antara masterchip pada mainboard. Disini permasalahan yang ada pada kabel masterchip ialah ketika dia sedang mengalami konslet maka tombol tinta pada dtg akan menyala.

  • Mainboard tidak mendeteksi chip

Kemudian masalah lain yang terjadi kerusakan juga bisa disebabkan oleh mainboard yang tidak mendeteksi chip. Hal tersebut disebabkan oleh trevo yang terputus.

Jika beberapa kerusakan dalam tinta diatas sudah terlanjur tidak bisa diselamatkan lagi, maka salah satu solusinya ialah dengan mengganti spare part yang baru lagi. Seperti chip pada master, ctaridge, dan mainboard. Namun sebelum terjadi kerusakan, hal tersebut bisa dicegah.

Cara mencegah terjadinya kerusakan pada komponen tinta ini  ialah dengan cara memperhatikan saat perawatan mesin seperti pada saat melakukan flushing atau membersihkan head, usahakan agar cairan pada cleaner tidak mengenai atau membasahi masterchip. Jangan lupa untuk menggunakan lap dengan menggunakan tissue agar tidak mengenai komponen lain yang dapat menyebabkan konslet.

Mungkin jika masih awam akan bertanya tanya terlebih dahulu mengapa tombol tinta ini menyala, padahal biasanya tidak menyala dan printer dtg baik – baik saja. Dengan adanya system menyalanya tombol tinta ini maka perlu dilakukan tindakan khusus untuk memperbaiki bagian-bagian tinta yang mengalami kerusakan.

Jika bagian dari tinta sudah baik secara keseluruhan, maka tombol pada tinta atau lampu tinta akan kembali seperti semula yaitu tidak menyala yang menandakan bahwa komponen tinta baik-baik saja. Semoga bermanfaat,,. 😉

About the author

bengkelprint

View all posts