Mengenal 7 Kerusakan Pada Mesin Heat Press

Mengenal 7 Kerusakan Pada Mesin Heat Press

Mesin heat press merupakan salah satu mesin press yang digunakan untuk melakukan press kaos. Biasanya mesin heat press juga sering disebut sebagai mesin press kaos. Mesin press kaos ini dapat menghantarkan panas pada kaos yang berfungsi untuk menempelkan bahan sticker dan juga dapat menjadi sebuah alur dalam proses sablon kaos. Fungsi yang ada dalam mesin press kaos ini dapat bermanfaat untuk menjadikan kaos yang disablon menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun, apa yang terjadi jika apabila mesin heat press mengalami kerusakan? Padahal mesin press kaos selalu ada dalam segala jenis teknik sablon kaos. Mesin press kaos memiliki peran penting dalam berbagai teknik sablon seperti sablon dtg, sablon sublimasi, sablon cutting, dan lain – lainnya.  Disini kita akan mengenal lebih lanjut tentang kerusakan pada mesin heat press. Apa sajakah itu?

1. Mesin press kaos tidak menyala sama sekali

Mesin press kaos yang mati total atau tidak menyala sama sekali disebabkan oleh kabel dari listrik yang tidak tersambungkan atau koneksi mesin yang berkarat. Solusi dalam mengatasi tersebut ialah check kabel power, apakah kabel ada yang putus atau tidak. Kemudian check pula konektor apakah ada yang kendor atau tidak. Jika mana ada yang kendor, maku harus di kencangkan terlebih dahulu.

2. Suhu mesin press kaos tidak naik sesuai dengan settingan

Jika suhu mesin press kaos tidak naik sesuai settingan, ini memiliki kronologi saat apabila seharusnya suhu naik sesuai dengan settingan yang di inginkan, namun suhu tidak mau naik. Hal tersebut bisa di sebabkan oleh rellay atau SSR yang rusak, dan thermocontrol yang rusak. Jika bagian – bagian dari mesin press seperti Rellay, SSR, dan Thermocontrol yang rusak maka item tersebut harus segera di ganti

3. Suhu naik tidak stabil

Jika permasalahan pada ketidak stabilan saat suhu naik, kronologinya ialah suhu pada mesin press memang bisa naik, namun tidak sesuai angka urutan dan angkanya suka meloncat loncat, hal tersebut ialah suhu naik yang tidak stabil, biasanya disebabkan oleh thermocable yang rusak dan juga perlu untuk diganti.

4. Suhu mesin tidak merata

Permasalahan yang sama pada suhu ialah suhu pada mesin tidak merata. Hal tersebut yang dimaksudkan karena dari setiap bagian elemen pada mesin press kaos tidak menghasilkan panas yang merata. Sehingga ada beberapa yang terkena panas dan ada yang tidak. Permasalahan tersebut disebabkan oleh lilitan pada elemen yang rusak atau juga bisa disesbabkan oleh thermocontrol yang juga rusak. Sama seperti yang lainnya, maka solusinya ialah ganti elemen atau thermocontrol.

5. Elemen pada mesin press kaos tidak panas

Permasalahan ini bisa lebih parah dari pada suhu mesin yang tidak merata, karena elemen sama sekali tidak menghantarkan panas pada kaos. Jika terjadi demikian maka disebabkan oleh elemen itu sendiri telah rusak atau kabel yang menuju elemen telah putus dan rellay juga rusak. Dengan adanya banyak kerusakan seperti hal tersebut maka, perlu diganti segalanya yang rusak.

6. Timer pada mesin press kaos tidak berfungsi

Timer yang tidak berfungsi ini bisa kita jabarkan bahwa saat kita setting timer pada mesin press kaos, maka timer tersebut tidak berubah itu sebabnya kita sebut bahwa timer tidak berfungsi. Jika timer tidak berfungsi maka hal demikian disebabkan oleh switch nya yang rusak. Dan ketika switch rusak, juga akan mengakibatkan mesin press kaos berbunyi saat pertama di nyalakan. Saat kerusakan dialami seperti demikian maka perlu untuk mengganti item yang rusak.

Pada umumnya, kerusakan pada mesin press kaos disebabkan oleh beberapa item atau komponen yang rusak, sehingga perlu adanya untuk mengganti komponen yang rusak tersebut. Jika telah mengetahui penyebab kerusakan pada mesin press, dan tidak bisa diperbaiki, ada baiknya jika Anda membawanya pada ahlinya untuk diservice. Namun dengan sedikit mengenal kerusakan pada mesin heat press bisa menjadi tambahan wawasan yang luas. Semoga membantu,,.

About the author

bengkelprint

View all posts