Perbedaan SABLON DTG, MANUAL, CUTTING Dan Pengertiannya

Perbedaan Sablon DTG, Manual, Cutting Dan Pengertiannya

 

Pemicu sablon kaos banyak digandrungi masyarakat khususnya pemangku usaha clothing line / distro adalah keberaneka ragaman teknik sablon kaos yang digunakan. Didalam berlangsungnya proses sablon kaos, teknik sablon pakaian terbagi menjadi beberapa teknik yaitu teknik sablon kaos manual, teknik sablon kaos DTG dan teknik sablon kaos cutting.

Ketiga teknik ini masih menjadi teknik favorite yang digunakan para jasa sablon kaos, meskipun sablon kaos telah mengalami transformasi di era kemajuan teknologi yang menawarkan sablon kaos digital yang lebih praktis dan efektif. “Lalu apa perbedaan dari ketiga teknik sablon kaos tersebut ?“.

Tentu dari ketiga teknik sablon kaos tersebut memiliki perbedaan pada teknik dan hasil akhirnya. Oleh karena itu dibawah ini sedikit ulasan tentang perbedaan dari ketiga teknik sablon kaos beserta pengertiannya :

Pengertian Sablon Kaos Manual, Cutting, DTG

Sablon Kaos Manual

Sablon kaos manual adalah teknik sablon yang menggunakan peralatan seperti screen, rakel dan lainnya yang dibagian besar proses penyablonan masih menggunakan keahlian manusia yang mengerjakannya. Dengan menggunakan sablon kaos manual biasanya para tukang sablon menggunakan minimum order untuk mengurangi biaya produksi dan sulitnya dalam proses pembuatan.

Pada sablon manual, media yang dipergunakan dalam menyablon di kaos adalah cat / pasta yang nantinya akan dicetak dalam screen agar desain yang ada dapat tercetak pada kaos. Jenis tinta manual jauh lebih bervariasi.

Desain yang exlusive juga tetap bisa dilakukan dengan sablon manual, jika memang ada produsen yang menjual jasa tersebut, Akan tetapi harganya tentu bisa lebih mahal.

biasanya sablon manual terdapat minimal order untuk mengurangi biaya produksi yang rumit dan lama tersebut.

Sablon Kaos DTG

Printer DTG atau Printer Direct to Garment adalah mesin sablon kaos teknologi terbaru yang menggabungkan teknologi Head Printer Tipe Piezo (Basic Printer EPSON) dan tinta khusus textile.

Metode kerja Printer DTG adalah mencetak sablon gambar atau tulisan apa saja baik gambar design vektor, gambar full color maupun foto langsung ke media kaos. Proses sangat mudah seperti print menggunakan printer ink jet.

Sablon Kaos Cutting

Teknik sablon kaos cutting yaitu cara pemotongan bahan polyflex atau polyflock (Banyak jenis bahan lainnya) dengan bantuan mesin cutting sticker, mesin press kaos dan komputer tanpa menggunakan printer. File yang digunakan juga harus berbentuk vector / out line / garis luar saja.

Perbedaan Sablon Kaos Manual, Cutting, DTG

Proses Pengerjaan Sablon kaos
  1. Sablon kaos manual : proses pengerjaan lebih lama / bisa membutuhkan waktu seharian karena untuk memberikan warna pada kaos harus dilakukan pengulangan teknik gesut, sehingga jika warna kaos yang digunakan banyak, maka semakin tambah lama dalam proses sablonnya dan juga proses pecah warnanya.
  2. Sablon kaos DTG : Apabila anda sudah mempunyai file gambar/tulisan anda hanya perlu edit bagian file gambar/tulisan yang akan diinginkan di photoshop. Setelah itu save .PNG masukan ke Software AcroRIP dan siap print. 😀
  3. Sablon kaos cutting : proses pengerjaan ± 10 menit apabila file desain simple. Tetapi jika desain yang rumit hingga detail, waktu pengerjaan sedikit lama, karena teknik pengelupasan / peeling bahan polyflex menggunakan alat scalpel agar membentuk desain yang diinginkan harus extra sabar, teliti, focus supaya hasilnya sempurna.

 

Kemampuan Order Kaos Satuan / Lusinan
  1. Sablon kaos manual : lebih mengutamakan order kaos lusinan tidak dengan sablon kaos satuan. Jika pihak jasa bisa menerima sablon kaos satuan itupun menggunakan minimum order, hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya produksi dan sulitnya dalam proses pembuatan
  2. Sablon kaos DTG : bisa order sablon kaos tanpa minimal. Order satuan bisa, order lusinan pun juga bisa. Tetapi khusus untuk yang lusinan pihak jasa sablon kaos biasanya tidak menjamin jadi cepat, mengingat untuk 1 pcs kaos bisa memakan waktu ±20-25 menit (A3+) Full Color. Tapi kalau hanya desain tulisan saja atau ukuran A4 tentu akan lebih cepat.
  3. Sablon kaos cutting : bisa order tanpa batasan minimal. Order satuan / order lusinan bisa. Untuk sablon kaos dengan teknik cutting biasanya lebih cepat kalau misalnya orderan seperti nomor punggung dan nama 1 lusin kurang lebih 2-3 hari, tapi tergantung alat atau mesin yang ada di jasa sablon cutting tersebut, apabila ada beberapa mesin cutting tentu akan lebih cepat jadi juga… hehehe

 

Penggunaan Media Tambahan Saat Proses Sablon Kaos
  1. Sablon kaos manual : menggunakan cat/ pasta yang di cetak dalam screen agar desain yang ada dapat tercetak pada kaos, tinta yang digunakan bermacam-macam rubber, plastisol, glow in the dark dll. Media tambahan hotgun sebagai penetralisir tinta agar tidak mengalami penurunan warna dan alat untuk lainnya biasanya menggunakan curing supaya tinta kering lebih merata.
  2. Sablon kaos DTG : langsung cetak dipermukaan kaos tanpa bantuan kertas, screen dan lain sebagainya. Dan media tambahan mungkin hanya software acroRIP untuk mengatur keluarnya tinta, apakah akan putih dulu untuk dasar khususnya dikaos gelap atau langsung warna. Media tambahan hotgun sebagai penetralisir tinta agar tidak mengalami penurunan warna dan kain teflon yang digunakan untuk proses press kaos
  3. Sablon kaos cutting : langsung press dipermukaan kaos dengan menggunakan mesin hot press. Dan media tambahan yang digunakan software dari mesin cutting tergantung mesin cutting yang digunakan ada yang menggunakan software artcut, silhouette studio, Greatcut, Flexi sign dll, ini berguna untuk mengatur tata letak desain yang diinginkan sebelum di cutting dengan mesin cutting sticker.
Hasil  Proses Sablon Kaos MANUAL , CUTTING , DTG

Untuk hasilnya sama-sama bagus dan berkualitas. Sablon kaos manual dan DTG sekilas terlihat mirip tetapi jika diraba itu akan berbeda. Sablon manual terlihat sedikit timbul karena efek dari texture cat / pastanya, jika sablon kaos DTG lebih menyatu pada pori-pori kaos dan sedikit mengkilap.

Untuk sablon kaos cutting hasilnya akan terlihat elegan dan bagus. Teknik ini sering digunakan untuk sablon pada jersey bola. Dan hasilnya pun menyatu, melekat kuat pada permukaan media.

contoh hasil sablon kaos DTG :

contoh hasil sablon kaos manual :

contoh hasil sablon kaos cutting  :

Itulah perbedaan dari ketiga teknik sablon kaos manual, DTG, cutting. Semoga informasi ini bemanfaat bagi pembaca.

About the author

bengkelprint

View all posts