Perbedaan Software GRAPHTEC Ce6000 Series VS GRAPHTEC Ce6000 PLUS

Perbedaan Software Graphtec Ce6000 Series VS Graphtec Ce6000 Plus

 

Berbicara tentang mesin cutting sticker Graphtec CE6000 made in Jepang. Kami Bengkel Print Indonesia merupakan distributor mesin cutting, salah satu diantaranya yaitu mesin cutting sticker Graphtec Ce6000. Disini Bengkel Print Surabaya akan membagikan informasi terbaru tentang software / perangkat lunak mesin cutting sticker Graphtec yang baru saja disempurnakan dengan software yang lebih canggih untuk meningkatkan efisiensi proses cutting sticker berlangsung. Dari software Graphtec PRO Studio yang sebelumnya di pakai di mesin cutting GRAPHTEC CE6000 Series ke Cutting Master 4 (Sebelumnya Cutting Master 3) yang sekarang di gunakan di mesin cutting GRAPHTEC CE6000 PLUS. Adapun perbedaan software / perangkat lunak Graphtec Ce6000 series dengan Graphtec Ce6000 plus yang perlu anda ketahui, berikut ulasannya:

Graphtec Pro Studio Plus Wind ( Option )

Perangkat lunak yang disempurnakan dari Graphtec Pro Studio. Jika Graphtec Pro studio hanya digunakan untuk membuat bentuk, pengeditan dan membuat konfigurasi garis potong saja, kini software Graphtec Studio Plus adalah perangkat lunak atau software bawaan mesin cutting sticker GRAPHTEC yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dan menciptakan desain lanjutan.

Fungsi tambahan Graphtec Pro Studio Plus ini adalah transfromasi grafis dan karakter, bisa menyisipkan sequence number secara otomatis, tersedia template untuk menciptakan berlian imitasi, bisa menumpuk / duplicate file desain, mengubah arah garis potong, mengubah urutan pemotongan dan banyak lagi lainnya.

Fitur Utama Graphtec Pro Studio

1. Mendukung OS dengan Wind 10 / 8.1 / 8 /7  

Mesin cutting sticker yang bisa digunakan dengan software Graphtec Pro Studio Plus FCX4000 / CE LITE  / FCX2000 / FC8600 / FC4500 / CE6000 / FC8000 / CE5000 / FC2250

 2.Terdapat Pilihan Bahasa

Untuk meningkatkan produktivitas lebih tinggi dalam proses cutting sticker, perangkat lunak ini menyediakan pilihan ejaan kata-kata yang bisa diperiksa dalam 11 bahasa diantaranya yaitu English, German, French, Italian, Dutch, Spanish, Portuguese, Danish, Finnish, Norwegian, Swedish. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan pengejaan dalam proses cutting sticker.

3.Dilengkapi Pilihan Untuk Mengubah Bentuk Shadow, Stripe, Distortion

Sehingga pengguna bisa dengan mudah mengubah bentuk desain dan menghias teks / huruf kedalam bentuk bayangan, garis /mengubah bentuk huruf dari lurus menjadi sedikit berbelok-belok / melengkung.

4. Vectoring

Dengan adanya fitur vectoring ini pengguna akan lebih mudah untuk menghasilkan data / file gambar vector di setiap warna dari gambar Bitmap. Fitur ini juga mampu membuat data / file gambar menjadi potongan dari setiap warna gambar Bitmap, dan kemudian kondisi garis potong tersebut bisa ditetapkan untuk setiap warna di Graphtec Pro Studio.

Fitur Utama Graphtec Pro Studio

1. Pilihan Model Garis

Terdapat pilihan model garis seperti corner style, end cap style, dan position ini dapat mengatur konfigurasi garis secara optimal, sehingga pengguna bisa menentukan pilihan model garis seperti apa yang akan digunakan.

2. Dilengkapi Pilihan Editing / Pengeditan

Isi dari tool pengediatan ada weld, subtract, Crop, Divide, Intersect sehingga pengguna bisa dengan mudah untuk mengatur bentuk objek yang diinginkan sebagai contoh bisa untuk menumpang tindih dari objek lingkaran ditindih dengan bentuk kotak sehingga menjadi bentuk objek yang satu ruang / sebangun.

3. Auto-Shape

Tersedia 68 bentuk objek otomatis, sehingga pengguna lebih mudah untuk memilih objek mana yang dinginkan dan lebih praktis untuk mengedit objek tersebut.

4. Dilengkapi Pilihan “Shaded function”

Yang berfungsi untuk memudahkan pengguna melukis warna pada objek ilustrasi dan juga dapat mengisi gradient/ bayangan.

5. Dilengkapi Pengaturan Plotter / Setting Plotter

Bertujuan sebagai pemantau hasil / kondisi pemotongan di cutting plotter dan di konfigurasi dari perangkat lunak Graphtec Studio.

Kelebihan Lain Dari Graphtec Studio

  • Support MAC OS X 10.6 – 10.11 macOS 10.12 (Sierra) to 10.13 (High Sierra)
  • Bisa mengedit teks menggunakan alat yang mirip dengan fungsi pengolah kata
  • Bisa group, ungroup dan menyejajarkan objek
  • Bisa mengubah bentuk objek untuk membuat bentuk yang unik dengan memindahkan, mengedit / menghapus
  • Bisa menambahkan bayangan ke objek
  • Bisa menghapus bagian / elemen dari suatu objek menggunakan alat penghapus
  • Bisa mengedit beberapa objek yang tumpang tindih dalam pemotongan, penguraian, dan pembagian
  • Bisa memanipulasi objek dengan mengubah ukuran,  dan mencerminkannya/ mirror
  • Mudah untuk membuat Salinan objek dalam kondisi matrix
  • Bisa membuat garis luar / garis contour pada objek bitmap menggunakan fungsi pelacak bitmap
  • Mudah untuk membuat tanda registrasi / jog mark pada gambar untuk aplikasi pencetakan & pemotongan
  • Bisa mengisi objek dengan warna gradasi dan pola khusus
  • Beroperasi tanpa batas “Undo” dan “Redo”
  • Bisa menghubungkan dan mengendalikan beberapa pilihan plotter
  • Bisa mengkonfigurasi kondisi pemotongan dan fungsi lainnya pada mesin cutting plotter.

Cutting Master 4

Ini adalah software / perangkat lunak terbaru dari Graphtec Pro Studio, Custting Master 4 adalah perangkat lunak plug-in untuk Adobe Illustrator dan corelDRAW Graphic Suite. Sehingga pengguna bisa mengirim objek / desain gambar yang akan dicutting menggunakan perangkat lunak tersebut ke cutting plotternya.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengontrol mesin cutting sticker, software ini menyediakan berbagai fitur untuk mengatur kondisi objek yang akan di cutting, sehingga anda bisa memanfaatkan dan proses cutting objek lebih mudah.

Fitur Cutting Master 4

 1.Mampu Membuat Tanda Registrasi / Jog Marks

Tanda registrasi atau jog marks ini bisa ditambahkan pada desain yang akan dicetak / diprint dan selanjutnya di cutting menggunakan Graphtec CE6000 Plus. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan supaya desain yang di potong dapat di cetak & potong sesuai dengan pola desain.

2.Mampu Membagi Desain Objek Menjadi Beberapa Bagian

Adanya fitur ini bisa menjadikan suatu objek dapat dibagi menjadi beberapa bagian / potongan kotak yang lebih kecil. Sekalipun anda mencoba untuk memperbesar objek tersebut, maka potongan kotak yang lebih kecil akan menyesuaikannya.

3.Kompatible Matrix Copy

Dengan adanya fitur ini, anda bisa membuat banyak Salinan dari objek yang sama dengan mudah.

4. Mampu Membuat Garis Batas Dan Garis Potong Luar

Garis batas dan garis potong luar bisa ditambahkan disekitar objek secara otomatis. Dengan begitu, ini akan memudahkan anda saat melakukan potong dengan dua desain sekaligus. Sehingga saat desain sudah dipotong, anda bisa dengan mudah mengelupas bagian garis batas nya saja untuk memisahkan keduanya.

5.Dilengkapi Tool Assigment

Dimana sudah banyak tersedia beberapa alat dengan kelebihan yang mampu mengatur kecepatan, kualitas (percepatan) dan mengatur setiap warna/lapisan pada pilihan tool yang bisa dilakukan dalam satu pekerjaan.

6. Mendukung ARMS 6.0 Terbaru Pada FCX 2000

Untuk memotong gambar / pinggiran sticker yang sudah dicetak atau diprint. kemudian mampu memotong area di luar bagian yang ditandai dengan registration mark.

7. Pengoperasian Offline Menggunakan USB Flash Memory

Data/ file siap cetak yang sudah diedit menggunakan cutting master 4, kemudian disimpan di memori USB. Kemudian file data tersebut dapat digunakan pada mesin cutting plotter , lalu sudah bisa digunakan untuk pemotongan objek. Alur kerja yang disederhanakan ini memungkinkan pengguna untuk beroperasi tanpa menggunakan computer.
compatible model CE LITE / FCX4000 / FCX2000

8. Data Management Menggunakan Kode Batang Dengan Memori Flash USB

Dalam pengoperasian cetak & potong, data secara otomatis dipilih dari memori flash USB dengan memindai kode batang yang tercetak pada media. Bar-code disini dibuat jika anda menggunakan cutting master 4. Ini mencegah penggunaan data yang salah dan bisa meningkatkan efisiensi kerja. compatible model CE LITE / FCX4000 / FCX2000

9. Mampu Menyalin Data Dengan Tanda Registrasi

Setelah data sudah dikirim pertama kali, data tersebut bisa disalin / diduplicate beberapa kali tanpa PC. compatible model CE LITE / FCX4000 / FCX2000 / CE6000 PLUS / FC8600 / FC4500 . Dalam FCX2000 / FCX4000, Empat tanda pertama yang dipindai pada lembar kerja pertama, dan lembar berikutnya hanya tanda pertama saja.

Cutting master 4 mampu mengkonfigurasi FCX2000 / FCX4000 untuk proses Salinan dalam kondisi seperti ini, sehingga ini bisa meningkatkan produktivitas dengan memperpendek waktu deteksi objek yang di pindai.

10. Mampu Membuat Sisi Terbalik Menggunakan Tanda Registrasi

Cutting Master 4 mampu mengkonfigurasi objek dalam keadaan file desain yang akan dipotong sudah memiliki garis potong, kemudian disejajarkan dengan grafis yang sudah tercetak meskipun pemrosesan dilakukan di sisi belakang media. compatible model FCX4000 / FCX2000

11. Area potong Lebih Luas

Dalam artian jika objek / desain yang  akan anda cutting sudah terdeksi oleh tanda registrasi, anda juga bisa menyisipkan objek / desain lain dipinggiran objek/desain anda yang sudah tertutup oleh tanda registrasi. Ini sangat Efisien meningkatkan produksi dan mengurangipembuangan bahan. compatible model CE LITE/ FCX4000 / FCX2000 / CE6000 PLUS / FC8600

12. Support Standar Crop

Software cutting master 4 sudah dilengkapi dengan alat / tool crop yang standar yang lebih optimal untuk digunakan. Cutting master 4 juga mampu mendapatkan tanda mark corp dari Adobe illustrator dan di import ke FCX2000 . compatible model FCX4000 / FCX2000

13. Mampu Menciptakan Tanda Registrasi Dalam Warna Terbalik

Cutting master 4 mampu membuat tanda registrasi dengan model terbalik. Dalam artian tanda pembalikan ini memiliki warna terbalik serta mampu mendeteksi tanda pada media seperti jenis glossy / mengkilap.

Sehingga ini bisa untuk memperluas media yang compatible untuk aplikasi contour cut. Cutting master 4 versi 2.10  juga bisa menentukan warna garis tanda registrasi dan warna disekitar tanda. compatible model CE LITE / FCX4000 / CE6000 PLUS / FCX2000 / FC8600

Controller Plotter ( Wind)

Perangkat lunak ini mampu mengendalikan berbagai pengaturan Ce6000 plus dari PC, meningkatkan efisiensi kerja. Kontroler mesin cutting plotter ini bisa dimulai ketika proses cetak sticker dijakankan oleh menu print dari setiap perangkat lunak aplikasi

About the author

bengkelprint

View all posts