Tips Perawatan ( Head , Pompa ) DTG Untuk Harian Dan Mingguan

Tips Perawatan ( Head , Pompa ) DTG Untuk Harian Dan Mingguan

 

Coba bayangkan, memiliki mesin digital printing dengan harga yang cukup menguras kantong, tentu anda tidak ingin mesin digital printing anda rusak begitu saja. oleh karena itu, anda harus menjaga segalanya mulai dari maintenance printer dtg, servis apabila ada rusak dan perawatan rutin untuk keseharian printer DTG supaya tahan lama.

Tidaklah susah untuk dilakukan, asalkan anda telaten dan sabar semuanya akan terasa mudah untuk dijalankan. Tidak membutuhkan keahlian khusus, semua pengguna mesin printer DTG harus mengetahui basic perawatan keseharian alat cetak kaos tersebut, jika ingin mesin sablon kaos baik-baik saja. Inilah tips perawatan DTG untuk keseharian dengan mudah:

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Cairan cleaner
  • Cotton bud / stik button
  • Tissu
  • Obeng

Langkah Perawatan DTG Untuk Harian :

Langkah 1 : Capping , Pompa dan Wipper

Apabila pengguna printer DTG tidak melepas tutup printer, anda bisa membuat lubang kecil , caranya ukur dari ujung tutup printer / box penutup printer  dengan panjang 16cm dan tinggi untuk melubangi 3 1/2 cm. Mengapa diberi lubang ? untuk menggeser  rumah cartridge agar lebih mudah untuk membersihkan capping dan pompa.

  1. Pastikan printer DTG dalam kondisi mati .
  2. Ambil obeng dan putar kekiri pada lubang tadi yang telah anda buat lubang dengan diameter 16 x3 1/2 cm.
  3. Berhasil, dan geserlah rumah cartridge ke arah kiri
  4. Tuangkan cairan cleaner pada wadah kecil dan celupkan cotton bud / stik cotton pada cairan cleaner untuk membersihkan capping

NB: Gunakan cairan cleaner  yang tidak banyak alkoholnya, kalau banyak mengandung alkohol nanti akan merusak komponennya,  jadi gunakan cairan cleaner yang rendah untuk perawatan keseharian / mingguan printer DTG.

  1. Lalu, oles dan bersihkan pada karet capping ( lakukan setiap hari ) . Apabila tidak dibersihkan rutin bisa membuat vakum head dan capping, sehingga kelembapan udaranya tidak maksimal.
  2. Bersihkan juga bagian wippernya. Kerak-kerak tinta harus diambil dan dibersihkan. Saat mulai meluber gunakan tissu untuk mengelapnya yah .
  3. Kemudian, bersihkan capping . sediakan suntikan dan sedot cairan cleaner .
  4. Teteskan di bagian capping untuk membersihkan pompanya agar kerjanya maksimal
  5. Putar ke kanan pompa menggunakan obeng. Caranya putar pada lubang kecil disamping tadi hingga cairan keluar semua dan bersih.

NB: Jika kalian tidak membersihkannya secara rutin nanti diselang pompa masih ada tinta, dan kalau tinta kering pompa dtg tidak bisa bekerja secara maksimal. oleh karena itu dampaknya hasil cetak kaos tidak rata, tidak pekat.

 

langkah 2 : Bibir Head
  1. Celupkan cotton bud / tissu pada cairan cleaner
  2. Oleskan pada bagian bibir head ( bagian bawah ) . ini bermanfaat untuk menjaga supaya hasil print bagus, dan jika bibir head kotor nanti bisa menyentuh kaos , dan kaos kalian akan menjadi korban kegagalan proses sablon kaos
  3. Lakukan hingga bibir head bersih
  4. selesai

 

Langkah Perawatan DTG Untuk Mingguan :

  1. Bersihkan encoder menggunakan tissu / cotton bud . Jika encoder kotor nanti hasil sablon kaosnya akan berbayang
  2. Kemudian bersihkan ass. Carriage juga ! kalau bisa tambahkan pelumas / silicon grease pada ass. Carriage nya agar lancar saat proses cetak kaos
  3. Dorong rumah cartridge nya . dan berilah cairan cleaner pada capping sedikit saja yang penting rata
  4. Lalu , dorong kembali rumah cartridge
  5. Kunci rumah cartridge pada lubang kecil yang telah dilubangi tadi dengan obeng
  6. Dan nyalakan lagi printer DTG nya
  7. Selesai .

 

Nah, untuk teman-teman bisa melakukan tips perawatan DTG untuk keseharian dan mingguan ini fungsinya selain itu membuat printer DTG tahan lama juga menjaga konsistensi tinta putih DTG agar data di sablon dikaos tinta tidak tipis / kurang pekat. Biasanya kalau setiap pagi teman-teman cek nozzle hasilnya tipis jangan terburu-buru untuk melakukan head clenaning. Coba saja untuk cetak gambar kecil pada kain katun, kalau cek nozzle hasilnya tipis itu karena endaapannya tidak ikut, jadi biarkan saja, nanti lama-kelamaan akan normal-normal sendiri.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About the author

bengkelprint

View all posts