Tips Sablon Kaos Bagian Kerah Belakang Menggunakan Printer DTG

Tips Sablon Kaos Bagian Kerah Belakang Menggunakan Printer DTG

Printer DTG adalah salah satu mesin sablon kaos digital yang digunakan sebagai aset utama dalam menjalani bisnis clothing atau sablon kaos digital. Dalam menjalani usaha clothing, banyak sekali yang melakukan atau order cetak sablon kaos dengan beragam posisi letak sablon seperti di tengah kaos, samping kaos, hingga kerah bagian belakang.

Namun, didalam hal clothing tersebut, mungkin ada beberapa yang belum mendalami mengenai Sablon Printer DTG, maka dari itu, berikut akan kami jelaskan dan kami bagi sedikit tipsnya dibawah ini :

Cara Sablon Kaos Bagian Belakang Kaos

Seperti pada umumnya, proses sablon kaos pada kerah bagian belakang hampir sama dengan proses sablon dtg yang menggunakan posisi ditengah bagian kaos ukuran A3 atau A4.

  • Pertama, semprotkan pre treatment pada seluruh permukaan kaos yang akan di sablon. Cairan pre treatment ini berfungsi untuk menutupi pori–pori kaos dan juga supaya bulu-bulu kecil pada kaos menjadi rata, sehingga hasil print akan lebih merata.

Pada bagian pre treatment ini, sejajarkan bagian kerah depan dan kerah belakang ketika di lapisi cairan pre treatment.

  • Setelah melakukan pre treatment kemudian press kaos kembali dengan menggunakan mesin press kaos selama 15 detik dengan suhu 165 derajat celcius.
  • Selanjutnya, print kaos dengan menggunakan mesin printer dtg. Sebelum melakukan print pada mesin printer DTG, ada beberapa tips yang perlu diketahui :

Tips yang Pertama, letakkan kaos diatas tatakan dengan posisi kerah depan dan kerah belakang sejajar menjadi satu. Pada umumnya, cetak kaos menggunakan printer dtg yang normal tidak perlu mensejajarkan kerah depan dan kerah belakang. Berhubung ini untuk mencetak belakang kerah kaos, maka kedua kerah tersebut harus sejajar atau saling bertemu.

Hal ini dikarenakan agar kaos yang akan diprint memiliki permukaan yang rata. Apabila kerah tidak sejajar layaknya sablon kaos pada umumnya, maka yang terjadi ialah permukaan yang akan di sablon pada kerah tidak rata dan hasil print akan kemana mana dan tidak sempurna.

Tips yang Kedua, berikan jarak satu jari antara kerah yang telah di sejajarkan dengan permukaan yang akan di sablon.

Tips yang Terakhir, tarik sedikit disekitaran samping kaos sampai rata

Setelah di print dtg, jangan lupa untuk mengeringkan hasil sablon dengan menggunakan alat pengering yaitu Hotgun agar tidak terjadi banyak penurunan warna ketika kaos dipress.

  • Selanjutnya semprotkan cairan Epoxy agar hasil sablon lebih kuat dan lebih awet
  • Step yang terakhir ialah, press kembali kaos dengan menggunakan mesin press kaos. Dan proses sablon kaos pada kerah telah selesai..

Nah, itu tadi proses dalam melakukan cetak kaos menggunakan printer dtg dan juga tips sablon kaos bagian belakang menggunakan printer DTG. Semoga bisa bermanfaat dan dapat memberikan hasil yang terbaik yaa..

About the author

bengkelprint

View all posts